Kapal Patroli Lanal Tanjungbalai Amankan 64 TKI Ilegal Dari Malaysia, Satu Diantaranya Balita

Kapal patroli

topmetro.news – Kapal Patroli Sea Rider F1QR Lanal Tanjungbalai Asahan, mengamankan KM Sahabat Baru bersama 64 TKI ilegal dari Malaysia, di Perairan Kualoh Bagan, Asahan, Jumat (21/2/2020).

Peristiwa itu berawal saat tim Patroli Sea Rider F1QR Lanal Tanjungbalai Asahan, melihat dari kejauhan melihat satu (1) buah Kapal kayu yang mencurigakan sedang berlayar menuju kualoh bagan asahan. Seketika Tim Patroli Sea Rider F1QR melakukan pengejaran sekitar Pukul 14.50 wib.

Pasintel Lanal Tanjungbalai, Kapten Laut (S) Yordan mengatakan, “Setelah dapat menghentikan dan menahan Kapal kayu tersebut, tim di Kapal Patroli Sea Rider F1QR melakukan pemeriksaan. Ternyata benar bahwa KM Sahabat Baru mengangkut sebanyak 64 org TKI ilegal dari negri jiran Malaysia. Diantaranya 42 orang pria dewasa, 21 orang wanita dewasa, dan seorang balita laki-laki,” tegasnya.

Baca Juga: Berlakukan Zona Tangkap, Ir Zahir MAP Gandeng Letkol Laut Dafris

Guna pemeriksaan lebih lanjut 64 org TKI dibawa ke Mako Lanal TBA untuk dilaksanakan pemeriksaan badan dan barang bawaan termasuk pendataan. Pukul 20. 45 pemeriksaan terhadap TKI ilegal selesai. Tidak didapati barang terlarang maupun Narkoba.

Rencana ke 64 TKI yang diamankan Kapal patroli ini akan diserahkan ke kantor imigrasi Tanjungbalai dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan guna mengantisipasi virus corona. Sedangkan terhadap tekong KM Sahabat Baru akan dikenakan sanksi undang undang Pelayaran.

Reporter – Rahmadi

Related posts

Leave a Comment